BAB III Analisa dan Perancangan

BAB III
ANALISA DAN PERANCANGAN

III.1. Analisa Masalah
Dari hasil pengamatan penulis, selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, sistem kerja yang berlangsung di PT. Mawar Berkah Sejahtera khususnya proses pemesanan tiket menggunakan sistem online yaitu dengan cara mengakses situs internet dan bisa juga dengan cara menghubungi lewat telefon, akan tetapi proses pembayaran tiket pesawat pada PT. Mawar Berkah Sejahtera masih menggunakan sistem manual, sehingga mengharuskan konsumen melakukan pembayaran langsung. Setelah konsumen melakukan pembayaran maka tiket yang telah di pesan akan di berikan kepada konsumen pembeli tiket, baik berupa tiket perjalanan maupun kode tiket.
Sedangkan situs atau website yang digunakan untuk pemesanan tiket pada PT. Mawar Berkah Sejahtera dapat di akses melalui situs yang dapat di akses melalui koneksi internet dimanapun konsumen yang ingin melakukan pemesanan tiket, maupun yang ingin mengetahui informasi tentang harga tiket sesuai dengan tujuan yang di inginkan.
III.1.1. Analisa Input
Dalam melakukan pengadaan tiket online terdapat data yang harus diinputkan oleh calon pembeli yaitu mengisi form pemesanan tiket pesawat sebagai berikut:

Gambar III.1. Formulir Pemesanan Tiket
Sumber : PT. Mawar Berkah Sejahtera
III.1.2. Analisa Proses
Analisa proses pengadaan tiket online pada PT. Mawar Berkah Sejahtera adalah dimana suatu input data akan menghasilkan suatu informasi yang di inginkan.
Adapun prosedur untuk pengadaan tiket online yaitu sebagai berikut :
1.      Customer mengisi formulir pemesanan, dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.
2.      Customer memilih jenis dan jumlah tiket yang diinginkan.
3.      Admin menginput data customer dan menawarkan jenis tiket dan jadwal keberangkatan  yang telah disediakan oleh loket pesawat.
4.      Customer akan menerima kwitansi pembelian tiket jika customer melakukan transaksi pembelian.
5.      Admin melaporkan data pemesanan kepada manager operational.
6.      Maka Manager operational melakukan pengadaan tiket sesuai pemesanan.
7.      Manager operational melaporkan data pengadaan tiket kepada Direktur Utama.
Proses dari pengadaan tiket online pada PT. Mawar Berkah Sejahtera dapat di lihat pada FOD. Adapun gambar FOD dapat dilihat pada gambar III.2. Flow Of Document (FOD) Pengadaan Tiket Online pada di PT. Mawar Berkah Sejahtera.

Gambar III.2. Flow Of Document Pengadaan Tiket

Gambar III.2. Flow Of Document Pengadaan Tiket

III.1.3. Analisa Output
            Keluaran atau output data dari sistem yang sedang berjalan setelah diinput dan diproses akan ditampilkan hasilnya dalam bentuk output. Adapun sebagai output dari proses adalah pembelian tiket pesawat yang akan ditampilkan kepada customer sebagai berikut :

Gambar III.3. Output Pembelian Tiket Pesawat

Gambar III.3. Output Pembelian Tiket Pesawat
Sumber : PT. Mawar Berkah Sejahtera

III.2. Evaluasi Sistem yang Berjalan
Setelah melakukan analisa terhadap sistem yang berjalan, maka penulis dapat menarik kesimpulan atas sistem yang sdang berjalan yakni mengetahui kelemahan sistem yang ada.
Adapun kelemahan sistem yang sedang berjalan setelah mengevaluasi sistem informasi pengadaan tiket online, maka ada beberapa kendala antara lain sebagai berikut :
1.      Didalam proses pembelian masih secara manual, hal ini dapat dilihat dari penyimpanan data yang masih dalam bentuk berkas-berkas sehingga data-data tersebut bisa hilang dan rusak dan data-data yang sudah tidak terdapat dalam database, sehingga terasa kurang dalam perawatanya.
2.      Dari sistem yang lama dapat dilihat ke efektifan waktunya, seperti melakukan proses pencarian data memerlukan waktu yang lama dan memerlukan ketelitian yang tinggi, sedangkan pada rancangan yang di usulkan proses pencarian dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Sedangkan Kelebihan dari sistem ini adalah :
1.      Dari sistem ini customer bisa memesan tiket online dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke tempat pembelian tiket.
2.      Sistem ini mampu meningkatkan pemasaran dan penjualan tiket pesawat pada PT. Mawar Berkah Sejahtera

III.3. Strategi Pemecahan Masalah
Gambar III.4. Diagram Konteks Sistem Informasi Pengadaan Tiket OnlineAdapun strategi pemecahan dari masalah diatas adalah perancangan  basis data, database merupakan media pemyimpanan data yang tersimpan diluar komputer yang dapat digunakan dengan aplikasi atau perangkat lunak yang akan dibuat untuk memanipulasinya seperti merubah atau menghapus pada isi database tersebut di dalam perancangan database ini penyusun menggunakan aplikasi database ini dengan menggunakan normalisasi merupakan suatu proses untuk mengubah suatu tabel ke dalam beberapa tabel normalisasi biasa digunakan oleh perancangan database untuk melakukan verifikasi terhadap tabel.


III.4. Perancangan
Dalam perancangan prosedur bertujuan untuk memberikan gambaran yang akan dibangun, serta memberikan gambaran bagaimana sistem ini bekerja dengan kata lain perancangan dapat didefinisikan sebagai gambaran/ pembuatan sketsa dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang berfungsi di dalam perancangan penusun mengambarkan urutan langkah-langkah dan tahapan-tahapan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan logis, sederhana dan jelas.


III.4.1. Konteks Diagram
Diagram konteks merupakan diagram tingkat atas, yaitu diagram dari sebuah sistem informasi yang menjelaskan hubungan sistem yang diusulkan dapat dilihat pada gambar di bawah ini sebagai berikut :

Gambar III.4. Diagram Konteks Sistem Informasi Pengadaan Tiket Online
Adapun keterangan dari gambar III.4 diagram konteks  diatas sebagai berikut :
1.      Customer mengisi form pemesanan tiket ke sistem informasi pengadaan tiket online.
2.      Pelanggan menerima bukti kwitansi pembelian tiket online
3.   Kemudian setelah semua data selesai diproses oleh admin, kemudian sistem akan mengolah aliran data dan menghasilkan laporan ke manager oprational untuk melakukan pengadaan tiket sesuai dengan pemesanan
3.      Kemudian akan menghasilkan laporan kepada direktur utama.
III.4.2. Data Flow Diagram (DFD)
Data flow diagram merupakan alat bantu grafis menguraikan dan menganalisis pergerakan data yang melalui suatu sistem, termasuk proses data dari penyimpanan data. Data flow diagram dari Sistem Informasi Pengadaan tiket online dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Gambar III.5. Diagram Level 0 (DFD Level 0)
Gambar III.5. Diagram Level 0 (DFD Level 0)
Sumber : PT. Mawar Berkah Sejahtera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar