BAB I - Latar Belakang PKL


BAB I
PENDAHULUAN

I.1.  Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sekarang ini, membuat kita untuk lebih membuka diri dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi akibat kemajuan dan perkembangan tersebut.
Dalam masa persaingan yang sedemikian ketatnya sekarang ini, menyadari sumber daya manusia merupakan model utama dalam suatu usaha, maka kualitas tenaga kerja harus dikembangkan dengan baik. Jadi perusahaan atau instansi diharapkan memberikan kesempatan pada mahasiswa/i untuk lebih mengenal dunia kerja denga cara menerima mahasiswa/i yang ingin mengadakan kegiatan praktek kerja lapangan.
Praktek kerja lapangan adalah penerapan seorang mahasiswa/i pada dunia kerja nyata yang sesungguhnya, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan etika pekerjaan, serta untuk mendapatkan kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang ada kaitannya dengan kurikulum pendidikan.
Sekolah sebagai tempat pendidikan formal harus dapat memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik bagi siswa dan juga kepada wali murid. Sekolah harus dapat menyediakan informasi perkembangan proses belajar siswa dengan cepat, tepat, dan akurat sehingga pelaporan kepada wali murid tentang kegiatan belajar mengajar dan hasilnya dapat berjalan lancar.
Komunikasi antara wali murid dengan pihak sekolah sangat perlu dijalin dengan baik karena menyangkut prestasi siswa di sekolah. Salah satu cara yang bisa menjalin komunikasi tersebut adalah dengan selalu menginformasikan nilai atau prestasi yang didapat oleh murid di sekolah kepada orang tuanya.
SMA Tunas Bangsa merupakan sekolah swasta dibawah naungan PT. Ivomas Pratama. SMA Tunas Bangsa berdiri sejak tahun 2004, yang dimana tujuan dari didirikannya SMA Tunas Bangsa adalah untuk memberikan kemudahan bagi seluruh anak karyawan perkebunan dan masyarakat sekitar perkebunan mendapat pendidikan.
Sistem yang berjalan di SMA Tunas Bangsa masih bersifat semi komputer, dimana semua data masih di proses dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel 2007. Sehingga data yang tersimpan tidak beraturan dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mencari sebuah data.
Berdasarkan hal di atas maka penulis mengangkat judul Sistem Informasi Data Nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa.  Adapun alasan mengangkat judul tersebut karena penulis merasa tertarik tentang Sistem Informasi Data Nilai  sampai pembentukan laporan. Hal ini pendorong bagi penulis untuk memilih judul tersebut.
I.2. Ruang Lingkup Praktek Kerja Lapangan
Ruang lingkup dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini dilakukan penulis di SMA SWASTA TUNAS BANGSA Balam (Riau), Penulis mencari data di Bagian Tata Usaha SMA Tunas Bangsa dan Bagian Wakasek Kesiswaaan (Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan).
Adapun Ruang Lingkup permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan Laporan PKL ini adalah:
I.2.1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka Penulis dapat mengambil  pokok permasalahan yang dihadapi Oleh SMA Tunas Bangsa khususnya  bagian Wakasek. Kesiswaan adalah sebagai berikut  :
1.        Sistem yang di pakai pada SMA Tunas Bangsa masih bersifat semi komputer, sehingga proses pencatatan dan pemprosesan data-data nilai Siswa/i masih manual
2.        Sulitnya mencari informasi data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa
3.        Membantu Pihak Wakasek. Kesiswaan dalam proses pengolahan data nilai Siswa/i dan pembuatan laporan per semester.
I.2.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan Indentifikasi Masalah diatas, penulis merumuskan masalah tersebut dalam perumusan masalah. Adapun perumusan masalah dalam laporan PKL ini adalah:
1.        Bagaimana merancang sebuah sistem Informasi Data Nilai Siswa/i pada SMA Tunas Bangsa?
2.        Bagaimana merancang sistem yang manual menjadi terkomputerisasi?
3.        Bagaimana membantu pihak Tata Usaha dalam pengolahan data-data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa?
4.        Bagaimana membantu pihak Tata Usaha dalam mencari informasi data-data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa?
I.2.3. Batasan Masalah                             
Adapun batasan permasalannya adalah:
1.        Laporan ini hanya membahas tentang laporan sistem informasi data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa, tidak membuat program aplikasinya.
2.        Rancangan sistem informasi ini untuk membantu dalam pembuatan laporan data nilai per semester dan mencari data-data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa .
3.        Input dari sistem ini adalah berupa data nilai hasil ujian UAS
4.        Outputnya adalah berupa laporan data nilai per semester untuk setiap Siswa/i.
5.        Aplikasi yang digunakan adalah Microsoft Office Excel 2007
I.3. Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/i untuk menyelesaikan kurikulum yang telah ditetapkan pada akhir semester untuk mencapai gelar yang ingin dicapai.
I.3.1. Tujuan
Adapun tujuan PKL yang dilaksanakan oleh Mahasiswa STMIK Potensi Utama Medan, adalah sebagai berikut :
a.    Untuk menambah wawasan dan melatih mahasiswa/i  agar dapat menyesuaikan diri pada dunia kerja yang nyata.
b.   Sebagai salah satu syarat dan kewajiban mahasiswa/i yang akan menyelesaikan Pendidikan Starta 1 Program Studi Sistem Informasi  STMIK Potensi Utama.
c.    Memperkenalkan pada mahasiswa/i cara kerja yang sesungguhnya.
d.   Untuk mengetahuai situasi dan kondisi dunia kerja yang sebenarnya serta dapat melakukan pekerjaaan dan dapat memecahkan  masalah- masalah yang mungkin terjadi sehubungan dengan pekerjaan yang dilaksanakan.
e.    Agar mahasiswa memiliki pengalaman yang kelak menjadi bekal bila suatu saat nanti terpanggil mengabdi dalam suatu perusahaan atau instansi tertentu.
f.    Untuk melatih mental mahasiswa untuk bersikap dewasa serta bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan maupun tugas yang diberikan.
g.   Untuk memperoleh peluang atau kesempatan kerja di perusahaan maupun instansi pemerintahan setelah menyelesaikan perkuliahan dari STMIK Potensi Utama.
I.3.2. Manfaat
Selain mempunyai tujuan-tujuan, praktek kerja lapangan juga mempunyai manfaat-manfaat yang berguna bagi mahasiswa, antara lain :
a.    Lebih memberikan gambaran yang jelas pengaruh komputerisasi dalam dunia kerja.
b.    Sebagai perbandingan antara teori yang telah didapat selama perkuliahan dengan kenyataan yang ada di dunia kerja.
c.    Dapat memperoleh kemudahan untuk memahami dan menekuni pekerjaan yang diberikan perusahaan.
      Selain mempunyai manfaat-manfaat bagi mahasiswa juga mempunyai manfaat-manfaat bagi instansi, antara lain:
a.    Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan utnuk membuat perencanaan dan kebijaksanaan yang tepat dimasa yang akan datang dalam membantu meringankan tugas yang ada diperusahaan.
b.    Diharapkan dengan adanya praktek kerja lapangan ini, STMIK Potensi Utama dapat membina hubungan baik dan kerja sama dengan perusahaan lain dimana para mahasiswa/i  melaksanakan praktek kerja lapangan.
I.4. Metode Pengumpulan Data
Secara umum dalam rangka pengumpulan data yang dilakukan penulis pada saat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan adalah dengan menggunakan metode – metode berikut :
1.    Metode Observasi
Dalam metode observasi ini penulis diberi kesempatan untuk melakukan dengan cara pengamatan langsung kepada Wakasek. Kesiswaan yang mengurus dan memproses data-data siswa/i SMA Tunas Bangsa.
2.    Wawancara
Yang berhubungan dengan objek Dalam wawancara ini penulis langsung menemui sumber informasi dan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana proses pengolahan data nilai siswa/i yang ada di SMA Tunas Bangsa.
3.    Sampel
Dalam metode pengambilan data penulis diijinkan untuk mengambil/ mengkopy beberapa contoh dokumen yang berhubungan dengan sistem informasi Data Nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa.
I.5. Lokasi Praktek Kerja Lapangan
SMA Swasta Tunas Bangsa  beralamat JL. Subaru Desa Balai Jaya Kec. Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir Provinsi Riau, Kode Pos: 28992, No. Telp.: 085265101109, Email: Tunas.bangsa@ymail.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar