BAB II - Gambaran Umum Perusahaan


BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

II.1.  Sejarah Singkat SMA TUNAS BANGSA
Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa didirikan pada Tahun Ajaran 2001/2002 di Perkebunan Sungai dua PT. Salim Ivomas Pratama dan Sub Area I, Yaitu SMP Tunas Bangsa.
Tujuan mendirikan Yayasan ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi seluruh anak karyawan perkebunan dan masyarakat sekitar perkebunan mendapat pendidikan minimal tingkat SLTP. Seiring dengan berjalannya waktu, pada Tahun Ajaran 2004/2005 Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa mendirikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yaitu SMA Tunas Bangsa.
Keseriusan pihak Mangemen PT. Salim Ivomas Pratama dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi warga perkebunan dan sekitarnya dengan merekrut pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan yang benar-banar sesuai dengan jurusannya. Sampai saat ini kwalifikasi akademik pendidik 100% S-1.
Pengolahan yang tepat pulalah membuat SMP Tunas Bangsa berakreditasi A dan SMA Tunas Bangsa yang seyogyanya baru meluluskan beberapa lulusan terakreditasi B.


II.1.1. Visi  SMA TUNAS BANGSA
Visi SMA Tunas Bangsa “Menuju Peserta Didik yang Tanggap dan Sigap Menghadapi Kemanjuan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi yang Dilandasi Iman dan Taqwa”
II.1.2. Misi   SMA TUNAS BANGSA
Misi SMA Tunas Bangsa adalah:
1.        Meningkatkan Prestasi Akademik Lulusan
2.        Membentuk Prestasi Peserta Didik yang Berakhlak dan Berbudi Luhur
3.        Meningkatkan Prestasi Ekstrakulikules Peserta Didik
4.        Menumbuhkembangkan Minat Baca pada Warga Sekolah
5.        Meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris
6.        Meningkatkan Wawasan Perkebunan
II.1.3. Logo  SMA TUNAS BANGSA
Adapun logo dari SMA Tunas Bangsa ditunjukkan dalam gambar II.1



Sumber : SMA TUNAS BANGSA

Gambar II.1  Logo Sekolah SMA TUNAS BANGSA


II.2. Struktur Organisasi
            Adapun struktur organisasi pada SMA  TUNAS BANGSA  pada Gambar II.2
 
Gambar II.2 Struktur Organisasi SMA Tunas Bangsa
Sumber : SMA TUNAS BANGSA


a.       Uraian Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab
Untuk menggerakkan suatu organisasi dibutuhkan orang-orang yang memegang jabatan tertentu, dimana masing-masing orang melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan jabatannya dalam uraian tugas. Organisasi yang baik adalah organisasi yang jelas dan teratur sehingga dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya setiap pemegang jabatan memiliki gambaran dan batasan tugas serta tanggung jawab tugas yang diembannya.
       Uraian tugas dan tanggung jawab masing-masing pegawai yang terdapat pada struktur organisasi SMA TUNAS BANGSA  adalah sebagai berikut :
1.      Yayasan Tunas Bangsa
Yayasan Tunas Bangsa memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut:
a.       Melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mengelola yayasan yang dibantu oleh pengerus lainnya.
b.      Mengawasi pelaksanaan pendidikan di SMA dan SMP Tunas Bangsa untuk mencapai target kurikulum sesuai stadart pendidikan nasional baik kegitatan intrakulikuler (edukatif) maupun ekstrakulikuler.
c.       Bertanggung jawab dalam menyediakan tenaga operasional seperti Guru, Tukang Kebun dan lain-lain sesuai dengan stadart kebutuhan di SMA Tunas Bangsa



2.      Kepala Sekolah
Kepala Sekolah memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut:
a.       Membuat kebijakan-kebijakan proses belajar mengajar di SMA Tunas Bangsa
b.      Mengawasi Kegiatan Belajar-mengajar di SMA Tunas Bangsa
c.       Menjalin kejasama dengan sekolah-sekolah lain.
d.      Penghubung dengan departemen pendidikan
3.      Tata usaha
Tata usaha memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut:
a.       Mengelola data-data Siswa/i SMA Tunas Bangsa
4.      Bendahara
Bendahara memiliki peran dan tanggung jawab sebagai berikut:
a.       Mengelola keuangan sekolah yang akuntable.
b.      Membuat Laporan keluar masuk biaya, dimana biaya keluar harus mendapat persetujuan dari yayasan.
5.      Wakasek Kesiswaan
Adapun wewenang dan tanggung jawab dari Wakasek (Wakil Kepala Sekolah Bag. Kesiswaan) adalah sebagai beriku:
b.         Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS
c.         Penerimaan siswa baru
d.        Melaksanakan MOPLS
e.         Menyusun/mengatur rombongan belajar (koordinasi dengan BK)
f.          Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib
g.         Membina dan melaksanakan program 8K
h.         Memberikan pengarahan dalam pemilihan pengurus OSIS
i.           Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
j.           Melaksanakan pemilihan siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa
k.         Menyelenggarakan Porseni, lomba antar kelas dan kegiatan lomba lainnya
l.           Mengatur mutasi siswa
m.       Membantu Kepala Sekolah melaksanakan supervisi kelas
n.         Membuat laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan
o.         Melaksanakan Program Kerja
6.      Wakasek Kurikulum
Adapun wewenang dan tanggung jawab Wakasek Kurikulum (Wakil Kepala Sekolah Bag. Kurikulum) adalah sebagai berikut:
a.       Menyusun program pengajara
b.      Menyusun pembagian tugas guru
c.        Menyusun roster/jadwal pembelajaran
d.       Menyusun jadwal evaluasi belajar
e.        Mengendalikan KBM, mengatur pengisian jam lowong
f.       Mengatur pelajaran tambahan/pengajaran sore
g.      Mengumpulkan data dan menyusun diagram  Target kurikulu, Daya serap, Rata – rata kelas,  NEM rata – rata
h.      Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan perangkat KBM
i.        Mempersiapkan dan menyelenggarakan evaluasi/penilaian
j.        Membuat usul ke perguruan tinggi melalui jalur non tes berdasarkan permintaan
k.      Menyusun/mempersiapkan Kr. 02 (Daftar peserta UN/US)
l.        Penyerahan rapor dan STTB/STK
m.    Membantu Kepala Sekolah melakukan supervisi kelas
n.      Membuat laporan pelaksanan pelajaran
o.      Melaksanakan Program Kerja
7.      Wakasek Sarana
Adapun wewenang dan tanggung jawab Wakasek Sarana (Wakil Kepala Sekolah Bag. Sarana dan Prasarana Sekolah) adalah sebagai berikut:
a.       Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana sekolah
b.      Menyusun rencana pembelian/pengadaan
c.       Menyusun rencana perawatan, rehabilitasi dan pembangunan sarana dan prasarana
d.      Menyusun RAPBS, Program Kerja, dan Laporan Tahunan, bekerjasama dengan para Wakasek, Kaur TU, Bendaharawan, Koordinator BK.
e.       Mempersiapkan ruang belajar dan mobiler
f.       Mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana
g.       Membantu Kepala Sekolah melaksanakan supervisi kelas
h.      Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana prasarana secara berskala
i.        Melaksanakan Program Kerja.
8.      Guru-guru(Wali Kelas)
Adapun wewenang dan tanggung jawab guru dan wali kelas adalah:
a.       Sebagai Wakil Kepala Sekolah yaitu sebagai administrator kelas,  Supervisor dan Guru Pembimbing  yang betanggung jawab dalam mengadakan supervisi di kelas binaannya, dalam hal Kegiatan Belajar Mengajar, Kegiatan Bimbingan dan penyuluhan dan Kegiatan ekstrakulikuler
b.      Sebagai Wakil orang tuan siswa/i dengan tugas membuat biodata siswa binaannya, mengajukan usul, saran mengenai bakat siswa kepada kepala sekolah, mengusulkan keringanan beban keuangan siswa binaannya kepada kepala sekolah
c.       Sebagai Staff pengajar siswa/i SMA Tunas Bangasa.
9.      Siswa/i SMA TUNAS BANGSA
Siswa/i merupakan anak didik SMA Tunas Bangsa, yang tugasnya belajar dan menuntut ilmu serta menjaga citra baik Sekolah SMA Tunas Bangsa.
II.3.  Mekanisme Sistem Yang Berlangsung
Pada saat ini proses pengolahan data siswa/i SMA Tunas Bangsa yang pertama adalah mengumpulkan data nilai, dimana data nilai  didapat dengan rumus rata-rata nilai ulangan per semester ditambah dua kali nilai UAS dibagi tiga untuk setiap siswa/i, setelah itu data nilai yang telah diperoleh diserahkan dalam bentuk laporan kepada Kepala Sekolah.
Setelah diperiksa oleh kepala sekolah, kemudian data nilai akan diserahkan kepada  Wakil Kepala Sekolah bagian kesiswaan untuk diinputkan kedalam Microsoft Office Excel 2007 yang disesuaikan dengan kelas, mata pelajaran dan semesternya. Setelah selesai penginputan, maka data nilai akan diserahkan kepada setiap wali kelas berupa DKN(daftar kumpulan nilai) untuk dimasukkan ke dalam rapor siswa/i persemester. Kemudian rapor siswa/i  tersebut diserahkan kepada Kepala Sekolah untuk di tanda tangani sebelum diserahkan kepada siswa/i sebagai hasil belajar setiap semester.
Sedangkan data yang ada dalam Microsoft Office Excel 2007 akan menjadi data baku nilai semua siswa/i untuk setiap semester dan rekap nilai siswa/i selama belajar di SMA Tunas Bangsa. 

6 komentar:

  1. Membantu untuk tugas kuliah juga nih Mas. :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas! Tujuan saya juga saling membantu sesama teman seperjuangan!

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Sudah ada kok. Coba di lihat lagi postingan saya sebelum atau sesudahnya yah.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Belum ada yah BAB III nya?
      Besok sayan posting okey!

      Hapus