BAB I Pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Praktek kerja lapangan merupakan wujud aplikasi terpadu antara sikap, kemampuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa dibangku kuliah. Dengan mengikuti praktek kerja lapangan diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mahasiswa dalam mempersiapkan
Pelaksanaan praktek kerja lapangan diberbagai perusahaan dan instansi diri memasuki dunia kerja yang sebenarnya.akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk dapat menimba ilmu pengetahuaan, keterampilan dan pengalaman. Praktek kerja lapangan merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Strata-1 Sistem Informasi Komputer di STMIK Potensi Utama. Melalui praktek kerja lapangan ini mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan cara berfikir, menambah ide-ide yang berguna dan dapat menambah pengetahuaan mahasiswa sehingga dapat menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab mahasiswa terhadap apa yang ditugaskan kepadanya.
Oleh karena itu semua teori-teori yang dipelajari dari berbagai mata kuliah di program Strata-1 ilmu komputer STMIK Potensi Utama dapat secara  langsung dipraktekkan di kantor PT. Mawar Berkah Sejahtera terutama yang berhubungan dengan komputer. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa teori yang dipelajari sama dengan yang ditemui didalam prakteknya sehingga teori tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Sebagaimana diketahui bahwa teori merupakan suatu ilmu pengetahuan dasar bagi perwujudan praktek. Oleh karena itu untuk memperoleh pengalaman dan perbandingan antara teori dan praktek, maka mahasiswa diharuskan menjalani praktek kerja lapangan di instansi pemerintah atau perusahaan swasta sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum menyelesaikan studinya.
Dari latar belakang permasalahan yang ada maka penulis membuat suatu ”Sistem Informasi Pengadaan Tiket Online Pada Perusahaan Travel  PT. Mawar Berkah Sejahtera Medan.”

I.2 Ruang Lingkup PKL
       Pada Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis meninjau pada ruang monitoring di PT. Mawar Berkah Sejahtera. Dalam hal ini memonitor aktivitas jaringan layanan pengadaan tiket online pesawat dalam skala yang sangat besar.

I.2.1 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka Penulis dapat mengambil pokok permasalahan yang di hadapi Oleh PT. Mawar Berkah Sejartera Medan adalah sebagai berikut :
1.    Masalah pesanan tiket yang menggunakan sistem online terletak pada saat jaringan terputus dari server yang mengakibatkan proses pemesanan tiket secara online tidak dapat dilakukan.
2.  Sistem pembayarannya tiket masih dilakukan secara manual, sehingga mewajibkan konsumen datang langsung untuk melakukan proses pembayaran tiket.
I.2.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan Indentifikasi Masalah diatas, penulis merumuskan masalah tersebut kedalam perumusan masalah. Adapun perumusan masalah dalam laporan PKL ini adalah :
1.   Bagaimana membuat suatu sistem informasi pengadaan tiket online yang bisa di jangkau dari beberapa media yang dapat memaksimalkan kerja karyawan?
2.  Bagaimana merancang sistem pembayaran secara manual menjadi sistem pembayaran secara online?

1.2.3.  Batasan Masalah
Pembuatan sistem dalam laporan ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut:
1.   Laporan ini hanya membahas tentang sistem pengadaan tiket secara online laporan, tidak membuat program aplikasinya.
2.   Input dari pengadaan tiket online ini adalah berupa nama lengkap pemesan tiket dan tempat tujuan pemesan tiket tersebut.
3.  Output dari hasil input berupa daftar harga tiket mulai dari yang termurah hingga yang termahal disertai dengan daerah tujuan pemesanan tiket.
4.      Pengadaan tiket online pesawat terbatas pada PT. Mawar Berkah Sejahtera.
5.      Pengadaan tiket online hanya terbatas untuk tiket domestik.
6.   Aplikasi yang digunakan adalah web berbasis online yang dapat di jangkau dari mana saja terdapat koneksi internet.


I.3  Tujuan dan Manfaat PKL
Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/i untuk menyelesaikan kurikulum yang telah ditetapkan pada akhir semester untuk mencapai gelar yang ingin dicapai.
I.3.1. Tujuan
Adapun tujuan PKL yang dilaksanakan oleh Mahasiswa STMIK Potensi Utama Medan, adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengenalkan mahasiswa/mahasiswi pada dunia kerja yang sesungguhnya.
b.  Meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja di lingkungan di mana mahasiswa melaksanakan PKL
c.       Membandingkan antara ilmu yang di peroleh di perkuliahan dengan yang di peroleh di lapangan.
d.      Menigkatkan disiplin dan tanggung jawab dalam bekerja
e.       Dapat menjalin kerja sama antara Perguruan tinggi STMIK Potensi Utama dengan dunia usaha.
I.3.2. Manfaat
Selain mempunyai tujuan-tujuan, praktek kerja lapangan juga mempunyai manfaat-manfaat yang berguna bagi mahasiswa, antara lain :
a.  Memberikan pengalaman yang sangat berharga mengenai cara membina hubungan kerja yang profesional terhadap seluruh karyawan yang ada di lingkungan perusahaan.
b.   Memberikan pengalaman yang sebenarnya mengenai sistem kerja.
c.  Sebagai media untuk mengenal lingkungan yang tentu saja berbeda dengan lingkungan perkuliahan .
d.  Merupakan evaluasi bagi mahasiswa sehingga dapat diketahui tentang segala permasalahan dan kekurangan.
      Selain mempunyai manfaat-manfaat bagi mahasiswa juga mempunyai manfaat-manfaat bagi instansi, antara lain:
a.  Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan utnuk membuat perencanaan dan kebijaksanaan yang tepat dimasa yang akan datang dalam membantu meringankan tugas yang ada diperusahaan.
b. Diharapkan dengan adanya praktek kerja lapangan ini, STMIK Potensi Utama dapat membina hubungan baik dan kerja sama dengan perusahaan lain dimana para mahasiswa/i  melaksanakan praktek kerja lapangan.

I.4  Metode Pengumpulan Data
Dalam mengumpulkan data keterangan dan rancangan program yang dibutuhkan untuk penyusunan Laporan Praktek Kerja Laporan (PKL) ini. Penulis menggunakan 2 (dua) Metode yaitu :
1.      Metode Lapangan ( Field Research )
Metode ini dilakukan penulis secara langsung untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan jaringan. Data-data tersebut penulis kumpulkan dengan cara
a.       Observasi ( pengamatan langsung).
Penulis melakukan pengamatan langsung ke tempat objek pembahasan yang ingin diperoleh yaitu melalui bagian-bagian terpenting dalam pengambilan data yang diperlukan. Pengambilan data penulis lakukan pada bagian transmisi pada PT. Mawar Berkah Sejahtera.  
b.      Interview ( Wawancara )
Penulis melakukan Interview ( wawancara) untuk mendapatkan penjelasan dari masalah-masalah yang sebelumnya kurang jelas dan untuk menyakinkan bahwa data yang diperoleh / Interview kepada pihak yang berkompeten di dikumpulkan benar-benar akurat. Dimana penulis melakukan bagian transmisi pada PT. Mawar Berkah Sejahtera.
1.      Metode Perpustakaan ( Library Research )
Metode ini penulis mengutip dari  beberapa bacaan yang berkaitan dengan pelaksanaan PKL yang dilaksanakan di PT. Mawar Berkah Sejahera selama sebulan. Yang dikutip dapat berupa teori ataupun beberapa pendapat dari beberapa buku bacaan ataupun buku diktat yang di pergunakan selama kuliah. Ini dimaksudkan untuk memberikan landasan teori yang kuat melalui buku-buku atau literatur yang tersedia di perpustakaan, baik berupa bahan–bahan kuliah dan brosur yang berhubungan dengan penulisan PKL ini.

I.5  Lokasi PKL
       Dalam hal ini penulis mengambil lokasi Praktek Kerja Lapangan di PT. Mawar Berkah Sejahera yang berada di lokasi di Jl. Sei Batang Hari No. 85 Medan. yang dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober s/d 10 November 2011. Waktu Praktek Kerja Lapangan mulai hari senin s/d hari sabtu pada pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB, sementara waktu istirahat 1 (satu) jam pada hari senin  s/d sabtu.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar