BAB I
PENDAHULUAN
I.1.
Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sekarang ini, membuat kita untuk lebih membuka diri
dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi akibat kemajuan dan
perkembangan tersebut.
Dalam masa persaingan yang sedemikian ketatnya sekarang ini, menyadari
sumber daya manusia merupakan model utama dalam suatu usaha, maka kualitas
tenaga kerja harus dikembangkan dengan baik. Jadi perusahaan atau instansi
diharapkan memberikan kesempatan pada mahasiswa/i untuk lebih mengenal dunia kerja denga cara menerima mahasiswa/i yang ingin mengadakan kegiatan
praktek kerja lapangan.
Praktek kerja lapangan adalah penerapan
seorang mahasiswa/i pada
dunia kerja nyata yang sesungguhnya, yang bertujuan untuk mengembangkan
keterampilan dan etika pekerjaan, serta untuk mendapatkan kesempatan dalam
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang ada kaitannya dengan
kurikulum pendidikan.
Sekolah
sebagai tempat pendidikan formal harus dapat memberikan pelayanan dan fasilitas
yang terbaik bagi siswa dan juga kepada wali murid. Sekolah harus dapat
menyediakan informasi perkembangan proses belajar siswa dengan cepat, tepat,
dan akurat sehingga pelaporan kepada wali murid tentang kegiatan belajar
mengajar dan hasilnya dapat berjalan lancar.
Komunikasi
antara wali murid dengan pihak sekolah sangat perlu dijalin dengan baik karena
menyangkut prestasi siswa di sekolah. Salah satu cara yang bisa menjalin
komunikasi tersebut adalah dengan selalu menginformasikan nilai atau prestasi
yang didapat oleh murid di sekolah kepada orang tuanya.
SMA Tunas Bangsa merupakan sekolah swasta dibawah naungan PT. Ivomas Pratama.
SMA Tunas Bangsa berdiri sejak tahun 2004, yang dimana tujuan dari didirikannya
SMA Tunas Bangsa adalah untuk
memberikan kemudahan bagi seluruh anak karyawan perkebunan dan masyarakat
sekitar perkebunan mendapat pendidikan.
Sistem yang berjalan di SMA Tunas Bangsa masih bersifat semi komputer,
dimana semua data masih di proses dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office
Excel 2007. Sehingga data yang tersimpan tidak beraturan dan membutuhkan waktu
yang lumayan lama untuk mencari sebuah data.
Berdasarkan hal di atas maka penulis
mengangkat judul “Sistem Informasi Data Nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa“. Adapun alasan mengangkat judul tersebut karena penulis merasa tertarik tentang Sistem Informasi Data Nilai sampai pembentukan
laporan. Hal ini pendorong bagi penulis untuk memilih judul tersebut.
I.2. Ruang Lingkup Praktek Kerja
Lapangan
Ruang
lingkup dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini dilakukan penulis di SMA SWASTA TUNAS BANGSA
Balam (Riau), Penulis mencari data
di Bagian Tata Usaha SMA Tunas
Bangsa dan Bagian Wakasek Kesiswaaan (Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan).
Adapun Ruang Lingkup permasalahan yang akan dibahas dalam
penulisan Laporan PKL ini adalah:
I.2.1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, maka Penulis dapat mengambil pokok permasalahan yang dihadapi Oleh SMA
Tunas Bangsa khususnya bagian Wakasek.
Kesiswaan adalah sebagai berikut :
1.
Sistem
yang di pakai pada SMA Tunas Bangsa masih bersifat semi komputer, sehingga
proses pencatatan dan pemprosesan data-data nilai Siswa/i masih manual
2.
Sulitnya
mencari informasi data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa
3.
Membantu
Pihak Wakasek. Kesiswaan dalam proses pengolahan data nilai Siswa/i dan
pembuatan laporan per semester.
I.2.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan
Indentifikasi Masalah diatas, penulis merumuskan masalah tersebut dalam
perumusan masalah. Adapun perumusan masalah dalam laporan PKL ini adalah:
1.
Bagaimana
merancang sebuah sistem Informasi Data Nilai Siswa/i pada SMA Tunas Bangsa?
2.
Bagaimana
merancang sistem yang manual menjadi terkomputerisasi?
3.
Bagaimana
membantu pihak Tata Usaha dalam pengolahan data-data nilai Siswa/i SMA Tunas
Bangsa?
4.
Bagaimana
membantu pihak Tata Usaha dalam mencari informasi data-data nilai Siswa/i SMA
Tunas Bangsa?
I.2.3. Batasan Masalah
Adapun
batasan permasalannya adalah:
1.
Laporan
ini hanya membahas tentang laporan sistem informasi data nilai Siswa/i SMA
Tunas Bangsa, tidak membuat program aplikasinya.
2.
Rancangan
sistem informasi ini untuk membantu dalam pembuatan laporan data nilai per
semester dan mencari data-data nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa .
3.
Input
dari sistem ini adalah berupa data nilai hasil ujian UAS
4.
Outputnya
adalah berupa laporan data nilai per semester untuk setiap Siswa/i.
5.
Aplikasi
yang digunakan adalah Microsoft Office Excel 2007
I.3. Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja
Lapangan
Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu syarat yang
harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/i untuk menyelesaikan kurikulum yang
telah ditetapkan pada akhir semester untuk mencapai gelar yang ingin dicapai.
I.3.1. Tujuan
Adapun tujuan PKL yang dilaksanakan oleh
Mahasiswa STMIK Potensi Utama Medan, adalah sebagai berikut :
a.
Untuk menambah wawasan dan melatih
mahasiswa/i agar dapat menyesuaikan diri
pada dunia kerja yang nyata.
b.
Sebagai salah satu syarat dan kewajiban
mahasiswa/i yang akan menyelesaikan Pendidikan Starta 1 Program Studi Sistem Informasi STMIK Potensi Utama.
c.
Memperkenalkan pada mahasiswa/i cara
kerja yang sesungguhnya.
d.
Untuk mengetahuai situasi dan kondisi
dunia kerja yang sebenarnya serta dapat melakukan pekerjaaan dan dapat
memecahkan masalah- masalah yang mungkin
terjadi sehubungan dengan pekerjaan yang dilaksanakan.
e.
Agar mahasiswa memiliki pengalaman yang
kelak menjadi bekal bila suatu saat nanti terpanggil mengabdi dalam suatu
perusahaan atau instansi tertentu.
f.
Untuk melatih mental mahasiswa untuk
bersikap dewasa serta bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan maupun
tugas yang diberikan.
g.
Untuk memperoleh peluang atau kesempatan
kerja di perusahaan maupun instansi pemerintahan setelah menyelesaikan
perkuliahan dari STMIK Potensi Utama.
I.3.2. Manfaat
Selain mempunyai tujuan-tujuan, praktek kerja lapangan juga
mempunyai manfaat-manfaat yang berguna bagi mahasiswa, antara lain :
a.
Lebih memberikan gambaran yang jelas
pengaruh komputerisasi dalam dunia kerja.
b.
Sebagai perbandingan
antara teori yang telah didapat selama perkuliahan dengan kenyataan yang ada di
dunia kerja.
c.
Dapat memperoleh
kemudahan untuk memahami dan menekuni pekerjaan yang diberikan perusahaan.
Selain mempunyai
manfaat-manfaat bagi mahasiswa juga mempunyai manfaat-manfaat bagi instansi,
antara lain:
a.
Dapat dijadikan
sebagai bahan pertimbangan utnuk membuat perencanaan dan kebijaksanaan yang
tepat dimasa yang akan datang dalam membantu meringankan tugas yang ada
diperusahaan.
b.
Diharapkan dengan
adanya praktek kerja lapangan ini, STMIK Potensi Utama dapat membina
hubungan baik dan kerja sama dengan perusahaan lain dimana para mahasiswa/i melaksanakan praktek kerja lapangan.
I.4. Metode Pengumpulan Data
Secara
umum dalam rangka pengumpulan data yang dilakukan penulis pada saat pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan adalah dengan menggunakan metode – metode berikut :
1.
Metode Observasi
Dalam
metode observasi ini penulis diberi kesempatan untuk melakukan dengan cara
pengamatan langsung kepada Wakasek.
Kesiswaan yang mengurus dan memproses data-data siswa/i SMA Tunas Bangsa.
2.
Wawancara
Yang
berhubungan dengan objek Dalam wawancara ini penulis langsung menemui sumber
informasi dan mengajukan pertanyaan tentang
bagaimana proses pengolahan data nilai siswa/i yang ada di SMA Tunas Bangsa.
3.
Sampel
Dalam
metode pengambilan data penulis diijinkan untuk mengambil/ mengkopy beberapa
contoh dokumen yang berhubungan dengan sistem informasi Data Nilai Siswa/i SMA Tunas Bangsa.
I.5. Lokasi Praktek Kerja Lapangan
SMA Swasta Tunas Bangsa beralamat JL. Subaru Desa Balai Jaya Kec. Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir Provinsi Riau,
Kode Pos: 28992, No. Telp.: 085265101109, Email: Tunas.bangsa@ymail.com.
Terima kasih banyakk atas contoh laporannya, saya jadi bisa selesaikan laporan pkl saya
BalasHapusTerima kasih buat komentar positifnya, semoga dapat membantu yang membutuhkan
BalasHapus